(Based on
International Management. 8 Edition, Fred Luthan, Page 276)
“Perusahaan
elektronik Electronic Visions yang didirikan Amanda Brendhart, Jose Gutierrez, dan Rhoda Schreiber sedang dalam
masa pengembangan bisnis produk. Mereka nertiga sebagai partner menginginkan
bisnis ini bisa berkembang dengan pesat secara penjualan. Tidak hanya dengan
peningkatan secara volume penjualan saja tapi juga peningkatan keuntungan.
Perusahaan ingin melakukan ekspansi ke Asia seperti Singapura, Malaysia, dan
Thailand untuk perluasan pasar dengan asumsi bahwa negara-negara ini akan
menjadi peluang pasar yang bagus.”
1.
Menurut saya jika perusahaan ini ingin melakukan ekspansi ke luar negeri tidak
menjadi masalah. Asalkan secara internal perusahaan sudah mampu melakukan
persiapan produksi barang untuk ekspor dan sudah memiliki sasaran pasar yang
tepat. Dari sisi modal, perusahaan juga harus meningkatkan modal, entah dengan
go public melalui penjualan saham sehingga dapat memperkuat posisi perusahaan
secara financial. Selain itu analisa pasar sasaran juga harus tepat sehingga
kita ekspansi sudah dilaksanakan akan meminimalisir sebuah kegagalan.
Peningkatan SDM perusahaan juga harus dilakukan karena ini sangat menunjang
sebuah bisnis yang semakin luas pasarnya.
2.
Bauran pemasaran 4P menjadi hal yang sangat krusial bagi sebuah perusahaan yang
akan melakukan bisnis lintas negara sehubungan dengan pengambilan keputusan dan
strategi.
- Product: Perusahaan harus memiliki produk yang bagus, berkualitas. Dan sesuai dengan kebutuhan target pelanggan yang menajdi sasaran.
- Price: Perusahaan harus menjual produk dengan harga yang tepat, tidak selalu harus murah, tetapi sesuai dengan kualitas produk , sehingga pembeli tidak akan kecewa.
- Place: Perusahaan harus memiliki lokasi produksi barang dan lokasi penjualan yang strategis dan mudah aksesnya untuk distribusi ke pelanggan.
- Promotion: Perusahaan harus aktif beriklan, berpromosi agar produknya dikenal oleh masyarakat yanga akan menjadi pelanggan. Perusahaan bisa memanfaatkan semua media promosi dan iklan yang disesuaikan dengan budgeting marketing.
Untuk melakukan analisa dan
pengambilan keputusan berdasarkan marketing mix ini perusahaan harus memiliki
sebuah tim yang tangguh dan kreatif.
3.
Kemungkinan masalah yang akan ditemui sangata beragam mengingat sebuah bisnis
akan menjadi luas dan besar ketika melakukan ekspansi antar negara. Karakteristik
tiap negara memiliki banyak perbedaan dari banyak segi.
- Permasalahan regulasi pemerintah
- Penanggulangan retribusi pasar khusus
- Adanya perbedaan komunikasi bahasa
- Adanya perbedaan valuta asing atau mata uang
- Permasalahan transportasi sehubungan dengan distribusi barang
- Pergudangan transit antar negara, dsb
· Oleh karena itu perusahaan yang akan melakukan
bisnis ke luar negeri harus memahami konsep pemasaran internasional sehubungan
dengan perluasan pasar domestic, multidomestic, dan pemasaran global.
·
·
0 komentar:
Posting Komentar