(Based on International
Management. 8 Edition, Fred Luthan, Page 223-234)
IKEA telah mengalami perkembangan
yang hebat mengenai performa dalam mngatasi pengelolaan perbedaan budaya dan bagaimana
beradaptasi terhadap jangkauan
produk untuk kebutuhan lokal. Mengelola sebuah organisasi dalam beragam tenaga
kerja budaya yang kompleks dan menantang bagi manajer. Tidak ada alat yang
telah ditetapkan untuk menjamin keberhasilan internasional atau pendekatan umum
untuk menunjukkan bagaimana melakukannya, karena setiap industri memiliki
banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Meskipun, metodologi IKEA learning by doing tampaknya bekerja
untuk mereka, mungkin memiliki efek negatif dari dua perspektif yang berbeda.
Pertama, kinerja ekonomi perusahaan dapat terganggu karena kurangnya riset
pasar. Beberapa
industri yang sangat kompetitif dan berubah lebih cepat dari yang lain,
misalnya, industri TI dan terlambat dalam beradaptasi ukuran baru dapat
memimpin perusahaan untuk meninggalkan keluar dari pasar dan dalam beberapa
cara merusak citra merek. Mencapai manajemen yang efektif keragaman budaya
antar negara dapat berasal dari motivasi untuk mengembangkan kompetensi budaya
untuk terlibat pelanggan dengan perusahaan, itulah sebabnya melihat studi kasus
IKEA dapat membantu manajer untuk memahami efisien kompleksitas akan global
berhasil.
1.
What type of organizational culture is most representative of IKEA, family,
Eiffel tower, guided missile, or incubator? Explain
Jenis budaya
organisasi, yang paling representatif dari IKEA, adalah budaya keluarga. Sebuah budaya
keluarga ditandai dengan penekanan kuat pada hirarki dan orientasi kepada
pemimpin dan orang orang terkait.
Budaya keluarga biasanya terjadi dalam perusahaan dimana pemimpinya merupakan
pendiri perusahaan tersebut. Seperti IKEA diman Ingvar Kamprad merupak pemimpin sekaligus pendiri
IKEA. Pemimpin ini dipandang memiliki filsafat tahu apa yang terbaik bagi personil dan perusahaan secara keseluruhan, melaui penerapan filosofi
bagaimana menjalankan bisnis dengan cara yang paling sederhana mungkin. Filosofi manajemen dalam IKEA terkesan informal,
terbuka dan
peduli terhadap hubungan antara pemimpin
dan karyawan. Dalam IKEA seorang pemimpin memainkan peran besar dan
berkontribusi penuh terhadap perusahaan. Selain itu pemimpin IKEA telah
berusaha untuk memposisikan dan mempersiapkan perusahaan dengan stabilitas ekonomi dan jalur karir bagi
karyawan dan generasi yang akan datang. Pemimpin
IKEA menjadi sosok depan untuk IKEA dan merupakan pemimpin yang sangat
karismatik. Dalam usahanya, ia telah bertanggung jawab untuk budaya perusahaan,
sehingga kehadiran kekuatan dan karakter dalam dirinya, merupakan salah satu
faktor yang paling signifikan dalam pengembangan budaya.
2.
In what way has
international culture proved to be a challenge for IKEA?
Budaya internasional terbukti menjadi tantangan
bagi Ikea karena mereka berkaitan
dengan cara melnjalankan bisnis. Peusahaan ini didirikan pada filosofi
budaya organisasi, dan
ini akan sulit berubah di kemudian hari. IKEA memiliki
idealisasi bahwa ketika memasuki negara baru
maka IKEA akan menjalankan dengan caranya sendiri. Dimana budaya organisasi setiap negara
berbeda –beda tetapi IKEA harus tetap pada budanya sendiri sehingga menjadi
tantangan juga ketika mulai masuk ke beberap negara untuk menjalankan filsafat
mereka.
Ketika berhadapan dengan negara
semacam Jerman, dimana semua aturan harus tertulis segala hal harus disiplin
bahkan terkesan dengan aturan yang ketat, ini bertentangan dengan filsafat IKEA
dimana karyawan tidak diharapkan untuk dipaksa tetapi harus bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri, dan mereka tidak perlu terlalu emndapat
perlakukan formal untuk melakukan pekerjaan mereka.
3.
What are three
things that IKEA had to learn in order to do business effectively in the United
States?
IKEA
bisa melakukan beberapa hal untuk tetap melakukan bisnis di Amerika dengan
melakukan penyesuaian produk sesuai kebutuhan warga Amerika. Misalkan
meproduksi furniture yang sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan warga Amerika
misalkan, mengubah ukuran tempat tidur, sofa disesuaikan dengan budaya Amerika.
Selain itu mengembangkan pelayanan
penjualan furniture IKEA. Suaana took, system pelayanan dan pemasaran
disesuaikan dengan kebiasaan dan pola warga Amerika. Misalkan ukuran shop yang
besar, mudahnya mendapat informasi tentang produk, mudahnya melakukan pembelian
dengan cepat.
IKEA
bisa melakukan keleluasaaan dan memberikan tanggung jawab sepenuhnya kepada tim
manajemen di Amerika untuk melakukan kebijakan pelaksanaan bisnis sehingga
manajemen bisa fleksibel dan bekerja secara efektif.
4.
How well has
the company been able to deal with the diversity issue? what else does it still
need to do?
IKEA telah
melakukan beberapa perubahan untuk mengikuti pergerakan dunia bisnisnya. Ketika
masuk Amerika IKEA mempelajari dan menerapkan beberapa kajian kinerja
sehubungan dengan mengorganisir karyawan. Misalkan IKEA melakukan beberapa
prosedur ala Amerika seperti mendokumentasikan kinerja karyawan.
Lalu terbuka kepada karyawan tentang prosedur kemajuan, kenaikan gaji, dan memiliki
beragam tim manajemen. Rasanya bahwa korporasi membuatnya sangat sulit bagi orang untuk maju karena persyaratan mereka miliki. Sebagian besar manajemen
senior semua berasa l dari Swedia.
Karena persyaratan ini ketat,
Ikea telah kehilangan banyak manajer kunci di
Amerika Serikat.
Sejauh kenaikan gaji, setelah
review kinerja yang dimulai di Amerika
Serikat, tim manajemen Swedia
masih tidak memberikan kompensasi yang memadai. Tim manajemen Swedia
masih terjebak pada asli
filsafat budaya organisasi .
Tim manajemen Ikea terdiri
terutama asal Swedia.
Ikea telah mencoba untuk
fokus dalam meningkatkan manajer Amerika toko-toko AS, dalam rangka untuk memiliki
keseimbangan
tim yang beragam.
0 komentar:
Posting Komentar