Pages

Rabu, 24 Juli 2013

IKEA


(Based on International Management. 8 Edition, Fred Luthan, Page 223-234)
 
            IKEA telah mengalami perkembangan yang hebat mengenai performa dalam mngatasi pengelolaan perbedaan budaya dan bagaimana beradaptasi terhadap jangkauan produk untuk kebutuhan lokal. Mengelola sebuah organisasi dalam beragam tenaga kerja budaya yang kompleks dan menantang bagi manajer. Tidak ada alat yang telah ditetapkan untuk menjamin keberhasilan internasional atau pendekatan umum untuk menunjukkan bagaimana melakukannya, karena setiap industri memiliki banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Meskipun, metodologi IKEA learning by doing tampaknya bekerja untuk mereka, mungkin memiliki efek negatif dari dua perspektif yang berbeda. Pertama, kinerja ekonomi perusahaan dapat terganggu karena kurangnya riset pasar. Beberapa industri yang sangat kompetitif dan berubah lebih cepat dari yang lain, misalnya, industri TI dan terlambat dalam beradaptasi ukuran baru dapat memimpin perusahaan untuk meninggalkan keluar dari pasar dan dalam beberapa cara merusak citra merek. Mencapai manajemen yang efektif keragaman budaya antar negara dapat berasal dari motivasi untuk mengembangkan kompetensi budaya untuk terlibat pelanggan dengan perusahaan, itulah sebabnya melihat studi kasus IKEA dapat membantu manajer untuk memahami efisien kompleksitas akan global berhasil.

1.      What type of organizational culture is most representative of IKEA, family, Eiffel tower, guided missile, or incubator? Explain
            Jenis budaya organisasi, yang paling representatif dari IKEA, adalah budaya keluarga. Sebuah budaya keluarga ditandai dengan penekanan kuat pada hirarki dan orientasi kepada pemimpin dan orang orang terkait. Budaya keluarga biasanya terjadi dalam perusahaan dimana pemimpinya merupakan pendiri perusahaan tersebut. Seperti IKEA diman Ingvar Kamprad merupak pemimpin sekaligus pendiri IKEA. Pemimpin ini dipandang memiliki filsafat tahu apa yang terbaik bagi personil dan perusahaan secara keseluruhan, melaui penerapan filosofi bagaimana menjalankan bisnis dengan cara yang paling sederhana mungkin. Filosofi manajemen dalam IKEA  terkesan informal, terbuka dan peduli terhadap hubungan antara pemimpin dan karyawan. Dalam IKEA seorang pemimpin memainkan peran besar dan berkontribusi penuh terhadap perusahaan. Selain itu pemimpin IKEA telah berusaha untuk memposisikan dan mempersiapkan perusahaan dengan  stabilitas ekonomi dan jalur karir bagi karyawan dan generasi yang akan datang.             Pemimpin IKEA menjadi sosok depan untuk IKEA dan merupakan pemimpin yang sangat karismatik. Dalam usahanya, ia telah bertanggung jawab untuk budaya perusahaan, sehingga kehadiran kekuatan dan karakter dalam dirinya, merupakan salah satu faktor yang paling signifikan dalam pengembangan budaya.

2.      In what way has international culture proved to be a challenge for IKEA?
            Budaya internasional terbukti menjadi tantangan bagi Ikea karena mereka berkaitan dengan cara melnjalankan bisnis. Peusahaan ini  didirikan pada filosofi budaya organisasi, dan ini akan sulit berubah di kemudian hari. IKEA memiliki idealisasi bahwa  ketika memasuki negara baru maka IKEA akan menjalankan dengan caranya sendiri.  Dimana budaya organisasi setiap negara berbeda –beda tetapi IKEA harus tetap pada budanya sendiri sehingga menjadi tantangan juga ketika mulai masuk ke beberap negara untuk menjalankan filsafat mereka.
            Ketika berhadapan dengan negara semacam Jerman, dimana semua aturan harus tertulis segala hal harus disiplin bahkan terkesan dengan aturan yang ketat, ini bertentangan dengan filsafat IKEA dimana karyawan tidak diharapkan untuk dipaksa tetapi harus bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri, dan mereka tidak perlu terlalu emndapat perlakukan formal  untuk melakukan pekerjaan mereka.

3.      What are three things that IKEA had to learn in order to do business effectively in the United States?
            IKEA bisa melakukan beberapa hal untuk tetap melakukan bisnis di Amerika dengan melakukan penyesuaian produk sesuai kebutuhan warga Amerika. Misalkan meproduksi furniture yang sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan warga Amerika misalkan, mengubah ukuran tempat tidur, sofa disesuaikan dengan budaya Amerika.
Selain itu mengembangkan pelayanan penjualan furniture IKEA. Suaana took, system pelayanan dan pemasaran disesuaikan dengan kebiasaan dan pola warga Amerika. Misalkan ukuran shop yang besar, mudahnya mendapat informasi tentang produk, mudahnya melakukan pembelian dengan cepat.
            IKEA bisa melakukan keleluasaaan dan memberikan tanggung jawab sepenuhnya kepada tim manajemen di Amerika untuk melakukan kebijakan pelaksanaan bisnis sehingga manajemen bisa fleksibel dan bekerja secara efektif.

4.      How well has the company been able to deal with the diversity issue? what else does it still need to do?
            IKEA telah melakukan beberapa perubahan untuk mengikuti pergerakan dunia bisnisnya. Ketika masuk Amerika IKEA mempelajari dan menerapkan beberapa kajian kinerja sehubungan dengan mengorganisir karyawan. Misalkan IKEA melakukan beberapa prosedur ala Amerika seperti mendokumentasikan kinerja karyawan. Lalu terbuka kepada karyawan tentang prosedur kemajuan, kenaikan gaji, dan memiliki beragam tim manajemen. Rasanya bahwa korporasi membuatnya sangat sulit bagi orang untuk maju karena persyaratan mereka miliki. Sebagian besar manajemen senior semua  berasa l dari Swedia. Karena persyaratan ini ketat, Ikea telah kehilangan banyak manajer kunci di Amerika Serikat. Sejauh kenaikan gaji, setelah review kinerja yang dimulai di Amerika Serikat, tim manajemen Swedia masih tidak memberikan kompensasi yang memadai. Tim manajemen Swedia masih terjebak pada asli filsafat budaya organisasi .      Tim manajemen Ikea terdiri terutama asal Swedia. Ikea telah mencoba untuk fokus dalam meningkatkan manajer Amerika toko-toko AS, dalam rangka untuk memiliki keseimbangan tim yang beragam.

0 komentar:

Posting Komentar